4 shared

ILMU MARKETING

Posted on: Oktober 3, 2009


ILMU MARKETING

Dalam suatu perusahaan apapun juga,pasti ada yg namanya seorang marketing. Dimana org tersebut yang berkewajiban untuk mencari pelanggan dan menghasilkan omset bagi perusahaan tersebut.

Fungsi Marketing yang utama adalah sbb:

Distribusi : Penjualan barang ke konsumen

Display : Pemajangan barang di toko

Promosi : Memperkenalkan barang ke konsumen

Konsultan : Menerima keluhan / saran konsumen

Pelayanan : Melayani konsumen dengan baik

Menjaga citra : Sebagai wakil dari perusahaan menjaga citra produk & perusahaan itu sendiri

Seorang marketing yg profesional mempunyai prinsip dasar sbb:

  • Tahu

Mengerti benar produk apa yg dijualnya,harga barang tsb,kualitas

dan keistimewaannya.

  • Bisa

Sanggup melakukan tugasnya,baik dalam menjual produk dan menutup

target penjualan.

  • Mau

Memiliki keinginan untuk memperkenalkan produknya agar diminati oleh konsumen.

Dalam marketing ada 4 komponen dasar yang wajib dikuasai oleh seorang marketing,komponen tersebut biasa disebut Marketing Mix(4P).

Marketing Mix (4P) :

  1. Product

Menguasai barang dagangan yang dijual,baik keunggulannya,spesifikasinya,dan hal-hal lain yang berhubungan dgn produk tersebut.

  1. Price

Menguasai berapa harga barang tersebut,harga jualnya,keuntungan yang bisa diraih,dll

  1. Promotion

Bisa mempromosikan/memperkenalkan produknya kepada semua orang,agar orang lain tertarik untuk membeli.

  1. Place

Seorang marketing yg pandai,tahu dimana ia harus melakukan trik-trik tertentu.Juga tahu tempat/sasaran yang dituju,dimana produknya akan laku dijual.

Hal-hal yg hrs dimiliki oleh seorang marketing :

  • Berpikiran positif / motivasi tinggi

  • Berjiwa dagang

  • Bekerja lebih

  • Berani mengambil resiko

  • Berinisiatif

  • Selalu melihat peluang dagang

  • Fleksibel

  • Mampu menjual

  • Bekerja sama

Perbedaan antara Intrapreneurship dan Entrepreneurship :

Intrapreneurship : Pengusaha yang terikat oleh aturan perusahaan

Entrepreneurship : Pengusaha yang tidak terikat oleh aturan perusahaan

Pengetahuaan dasar yang dimiliki oleh seorang marketing :

Product knowledge:

  • Manfaat bagi konsumen & pedagang

  • Segmentasi,penyesuaian produk dagangan dengan kelas konsumen

Market knowledge :

  • Pesaing utama

  • Kegiatan / pola kerja pesaing

Sistem prosedur kerja :

  • Sistem target

  • Peraturan-peraturan dasar

Program promosi:

  • Mekanisme promosi

  • Cara menyampaikan ke konsumen

Kunci sukses seorang marketing :

  • Mencapai target

  • Disukai pelanggan : diterima sebagai teman

  • Kerja sama team

Ketrampilan khusus yg hrs dimiliki :

Komunikasi,menjual,mengerti tipe2 konsumen,motivasi

(sikap positif,percaya diri dan berkembang)

Senyum di pagi hari adalah awal dari semangat seorang marketing…

Selamat bekerja wahai marketing,sukses selalu !!!

***

About these ads

2 Tanggapan to "ILMU MARKETING"

wew, textbook bgt

Bukannya textbook…ini juga disesuaikan dengan pengalaman…
Ternyata emang sesuai kok…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: